PT.DELTA EKOTROP RAYAINDO environmental,mapping,surveyor,planning design and Engineering Cunsultan Head office jl Prof M.yamin Gg. ekadaya No 31 Pontianak kalbar Brand office jl. karna sosial no 25b telp. /fax (0561)764257.email cv.deriptk@gmail.com

Selasa, 19 Juni 2012

AMDAL BUMIRAYA


ABSTRAKSI

PT. Bumiraya Utama Industries Logam, merencanakan untuk melaksanakan pertambangan bauksit di Kabupaten Sanggau, Provinsi Kalimantan Barat. izin eksploitasi Rencana kegiatan ini telah mendapat izin berdasarkan Keputusan Bupati Sanggau No. 469 tahun 2010 tanggal 23 Desember 2010 tentang Penyesuaian Kuasa Pertambangan Eksplorasi Bahan Galian Bauksit di lokasi Kecamatan Toba dengan luas ± 4.659 Ha atas nama PT. Bumiraya Utama Industries Logam.
Dalam kegiatan pertambangan bauksit  PT. Bumiraya Utama Industries Logam disadari akan menimbulkan dampak terhadap lingkungan fisik/kimia, biotik, dan sosial ekonomi budaya serta kesehatan masyarakat setempat, baik dampak positif maupun dampak negatif. Dalam pelaksanaan pertambangan bauksit  tersebut, salah satu aspek yang menjadi pertimbangan utama adalah kelestarian lingkungan hidup guna menunjang terlaksananya pembangunan berkelanjutan yang berwawasan lingkungan (Sustainable development).
Adapun dampak besar dan penting yang perlu mendapatkan perhatian dalam studi AMDAL pertambangan bauksit  PT. Bumiraya Utama Industries Logam,  adalah pada tahap pra konstruksi dampak yang muncul adalah timbulnya perubahan persepsi masyarakat, sebagai akibat adanya kegiatan sosialisasi protek dan pembebasan lahan. Sedangkan pada tahap konstruksi dampak yang muncul adalah menurunnya kualitas udara ambien dan meningkatnya kebisingan, menurunnya kualitas air permukaan, meningkatnya laju erosi/sedimentasi, penurunan keanekaragaman jenis flora dan fauna, perubahan persepsi dan perubahan struktur masyarakat, dan pada tahap operasi dampak lingkungan yang muncul adalah menurunnya kualitas udara ambien dan meningkatnya kebisingan, menurunnya Kualitas air Permukaan, keanekaragaman jenis biota air, meningkatnya aktivitas perekonomian, terjadinya kecelakaan kerja, meninkgatnya pola penyakit Masyarakat, serta di tahap pasca operasi dampak yang diprediksi muncul adalah perubahan persepsi masyarakat pada saat pelepasan tenaga kerja.
Dalam pelaksanaan pengelolaan lingkungan terhadap segenap dampak besar dan penting yang muncul, diharapkan kegiatan pertambangan bauksit  oleh                       PT. Bumiraya Utama Industries Logam, dapat mengakomodasi aspek  kelestarian lingkungan  hidup yang selaras dengan kegiatan yang sedang dilaksanakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar