PT.DELTA EKOTROP RAYAINDO environmental,mapping,surveyor,planning design and Engineering Cunsultan Head office jl Prof M.yamin Gg. ekadaya No 31 Pontianak kalbar Brand office jl. karna sosial no 25b telp. /fax (0561)764257.email cv.deriptk@gmail.com

Rabu, 20 Juni 2012

AMDAL PT. DUTAM


KOP SURAT DUTAM.jpgABSTRAKSI


PT. Dutam Mineral, merencanakan untuk melaksanakan pertambangan bauksit di Kabupaten Kayong Utara berikut pembangunan jalan serta dermaga/ terminal khusus, Provinsi Kalimantan Barat. izin eksplorasi berdasarkan Keputusan Bupati Kayong Utara No. 253 Tahun 2011  tentang  Izin Usaha Pertambangan (IUP) Usaha Pertambangan Bahan Galian Bauksit seluas 1.181,44 ha, dengan rencana kapasitas produksi 200.000 ton/ bulan dan luas rencana operasi produksi ± 1.181,44 Ha yang terletak di Desa Matan Jaya, Kecamatan Simpang Hilir, Kabupaten Kayong Utara
Dalam kegiatan pertambangan bauksit PT. Dutam Mineral disadari akan menimbulkan dampak terhadap lingkungan fisik/kimia, biotik, dan sosial ekonomi budaya serta kesehatan masyarakat setempat, baik dampak positif maupun dampak negatif. Dalam pelaksanaan pertambangan bauksit tersebut, salah satu aspek yang menjadi pertimbangan utama adalah kelestarian lingkungan hidup guna menunjang terlaksananya pembangunan berkelanjutan yang berwawasan lingkungan (Sustainable development).
Adapun dampak besar dan penting yang perlu mendapatkan perhatian dalam studi AMDAL pertambangan bauksit PT. Dutam Mineral ini,  adalah pada tahap pra konstruksi dampak yang muncul adalah timbulnya sikap dan persepsi masyarakat, sebagai akibat adanya kegiatan sosialisasi perusahaan. Sedangkan pada tahap konstruksi dampak yang muncul adalah Penurunan kualitas udara ambien, Penurunan Kualitas air Permukaan, peningkatan laju erosi/sedimentasi, Penurunan Keanekaragaman Jenis Flora dan Fauna, perubahan struktur masyarakat, Peningkatan aktivitas Perekonomian masyarakat, peningkatan pendapatan masyarakat, dan pada tahap operasi dampak lingkungan yang muncul adalah Penurunan kualitas udara ambien, Penurunan Kualitas air Permukaan, tingkat Kesehatan Masyarakat, serta di tahap pasca operasi dampak yang diprediksi muncul adalah timbulnya konflik sosial, dan potensi kebakaran hutan dan lahan akibat dari kegiatan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).
Dalam pelaksanaan pengelolaan lingkungan terhadap segenap dampak besar dan penting yang muncul, diharapkan kegiatan pertambangan bauksit oleh  PT. Dutam Mineral,  dapat mengakomodasi aspek  kelestarian lingkungan  hidup yang selaras dengan kegiatan yang sedang dilaksanakan.

1 komentar: