PT.DELTA EKOTROP RAYAINDO environmental,mapping,surveyor,planning design and Engineering Cunsultan Head office jl Prof M.yamin Gg. ekadaya No 31 Pontianak kalbar Brand office jl. karna sosial no 25b telp. /fax (0561)764257.email cv.deriptk@gmail.com

Selasa, 19 Juni 2012

AMDAL HTI BOMA


ABSTRAKSI

Kegiatan pengusahaan hutan selama lebih dari tiga dasawarsa terakhir yang diikuti dengan pesatnya perkembangan industri pengolahan kayu telah memberikan kontribusi yang signifikan terhadap perkembangan perekonomian nasional. Disisi lain, kegiatan eksploitasi hutan secara intensif tanpa diikuti tindakan pembinaan sumber daya hutan secara memadai ternyata telah mengakibatkan penurunan daya dukung hutan alam sebagai pendukung ekosistem hutan dan sebagai sumber pasokan bahan baku industri kehutanan nasional secara berkelanjutan. Beban dan tekanan terhadap hutan alam menjadi semakin berat selain sebagai akibat dari praktek pengelolaan hutan yang tidak mengindahkan  kaidah-kaidah hutan lestari juga oleh maraknya berbagai kegiatan ilegal seperti penebangan, pengelolaan, pengolahan dan perdagangan kayu gelap serta perambahan dan penjarahan hutan untuk berbagai kepentingan.
Dalam kegiatan Pemanfaatan Hasil Hutan Kayu pada Hutan Tanaman Industri Dalam Hutan Tanaman Pada Hutan Produksi (UPHHK-HTI) PT. Boma Plantation disadari akan menimbulkan dampak terhadap lingkungan fisik/kimia, biotik, dan sosial ekonomi budaya serta kesehatan masyarakat setempat, baik dampak positif maupun dampak negatif. Dalam pelaksanaan usaha pemanfaatan hasil hutan kayu salah satu aspek yang menjadi pertimbangan utama adalah kelestarian lingkungan hidup guna menunjang terlaksananya pembangunan berkelanjutan yang berwawasan lingkungan (Sustainable development).
Adapun dampak penting yang perlu mendapatkan perhatian dalam studi AMDAL UPHHK-HTI PT. Boma Plantation ini adalah potensi konflik sosial, perubahan pola struktur masyarakat/pelapisan sosial, serta persepsi masyarakat karena adanya kegiatan yang akan dilakukan perusahaan terhadap masyarakat serta dampak yang timbul juga merupakan dampak penting yang harus dikelola adalah adanya potensi kebakaran hutan, terjadinya erosi dan sedimentasi, perubahan kualitas air sungai, perubahan keanekaragaman jenis fauna, perubahan keanekaragaman jenis flora, perubahan aktivitas perekonomian, perubahan pendapatan masyarakat, dan perubahan tingkat kesehatan lingkungan.
Dalam pelaksanaan pengelolaan lingkungan terhadap segenap dampak penting yang muncul, diharapkan kegiatan UPHHK-HTI PT. Boma Plantation,  dapat mengakomodasi aspek  kelestarian lingkungan  hidup yang selaras dengan kegiatan yang sedang dilaksanakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar